Sunday, July 31, 2011

Profil MASPA

MADRASAHA ALIYAH SUNAN PANDANARAN (MASPA) menyiapkan pembelajaran dengan fasilitas modern dan berwawasan global, system manejemen, kurikulum dan evaluasi yang menyatu dengan pesantren, dan penekanan lebih pada akhlaqul karimah. Output yang diharapkan adalah untuk mempersiapkan kader ulama’ intelektual yang berwawasan global.

Sejak lahir, MASPA mengemban misi mencetak generasi Islami yang mandiri dalam segala bidang, memiliki kualitas IMTAK dan IPTEK yang seimbang serta memiliki wawasan global yang luas. Karakter ideal yang ingin dibangun MASPA bagi Lulusannya ialah santri yang memiliki kesalehan pribadi, kesalehan sosial dan kesalehan alam. Alumni MASPA banyak yang telah mampu meneruskan pendidikan ke Perguruan Tinggi favorit, baik dalam maupun luar negeri.

Ada tiga konsentrasi studi yang ada di MASPA; Ilmu Pengetahuan Alam (Jur. IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (Jur.IPS), dan Keagamaan (Jur. Keagamaan). Sebagi perpanjangan tangan system pendidikan pesantren, semua siswa MASPA juga diharuskan mengikuti madrasah diniyyah yang diselenggarakan pesantren.
Pada tahun 1999 MASPA mendapat status Disamakan. Sedang pada tanggal 24 Desember 2005, MASPA telah terakreditasi A berdasarkan SK NOMOR: A/KW.12/MA/02/06.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, MASPA menyelenggarakan tiga jurusan program studi, yaitu: Jurusan IPA, Jurusan IPS dan Jurusan Keagamaan. Sebagai pendukung dalam kegiatan belajar-mengajar siswa, MASPA juga menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat edukatif, rekreatif dan kreatif, seperti: Les Pendalaman Materi, English and Arabic Club, Kaligrafi, Jurnalistik, PMR, Qiro’ah, Basket, Sepak Bola, Bola Volly, Pencak Silat, Pencak Silat, Pramuka, Drumband dan Bathik.

No comments:

Post a Comment